Yuk, Cegah Kanker Payudara Dengan Melakukan Deteksi Sejak Dini!

Sumber: Hellosehat.com

Dilansir dari halaman klikdokter, kanker payudara adalah kanker yang paling banyak diderita dan menjadi momok bagi wanita di seluruh dunia. Kanker payudara adalah kumpulan sel yang membentuk tumor ganas dan bersarang di payudara. Kanker ini termasuk kanker yang mematikan. Maka penting untuk mengetahui gejala kanker payudara sejak dini. 

Ada beberapa gejala atau ciri-ciri kanker payudara yang bisa ditemukan. Pertama, adanya perubahan dari mulai ukuran, tampilan, dan bentuk payudara. Kedua, adanya rasa nyeri atau sakit yang tidak kunjung hilang. Ketiga, puting memerah dan bengkak tanpa diketahui sebabnya. Keempat, adanya benjolan di sekitar payudara dan bawah ketiak. Kelima, puting mengeluarkan cairan bening atau darah.

Jika kanker mulai parah, ciri-ciri kanker payudara adalah adanya perubahan warna kulit seperti iritasi atau seperti kulit jeruk. Selain itu, puting tertarik masuk ke dalam merupakan ciri-ciri dari kanker payudara. 

Salah satu pemicu terjadinya kanker payudara adalah dari makanan. Sekitar 30-40%, makanan memiliki kontribusi dalam pertumbuhan sel kanker. Dilansir dari halaman klikdokter, berikut beberapa makanan yang harus dihindari agar terbebas dari kanker payudara.

  1. Alkohol

Alkohol menjadi salah satu solusi sebagai penghilang stres. Namun, alkohol bisa berdampak buruk pada kesehatan. Mengonsumsi alkohol secara teratur bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara. Alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen. Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan kerusakan pada DNA.

  1. Gula

Gula menjadi salah satu makanan yang harus dihindari. Bukan berarti tidak boleh sama sekali, tetapi harus dikonsumsi sesuai takar atau tidak boleh berlebihan. Sesuatu yang berlebih itu juga tidak baik. Selain bisa menyebabkan manis, mengonsumsi secara berlebihan juga bisa memicu terjadinya kanker payudara.

  1. Daging Merah

Daging merah memiliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi sehingga bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara. Apalagi daging merah olahan dengan kandungan lemak yang tinggi, garam, dan pengawet. Hal itu bisa memicu pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dengan cepat.

  1. Lemak Jenuh

Jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans adalah makanan yang digoreng, keripik, kue, biskuit, mentega, dan margarin. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dapat memicu kanker payudara. Selain itu, daging yang diproses seperti sosis, daging asap, dan ham juga perlu dihindari.

Setelah mengetahui gejala dan makanan yang bisa memicu kanker payudara, berikut ulasan mengenai cara mendeteksi kanker payudara sejak dini.

  1. Melakukan Palpasi

Yaitu melakukan pemeriksaan sendiri dengan meraba payudara dengan mengamati perubahan ukuran, bentuk, warna, atau kelainan lain yang tampak pada payudara dan puting. Selain itu, melakukan perabaan dengan cara lengan terangkat, siku menekuk, dan tangan berada di belakang kepala di mana bertujuan untuk mendeteksi adanya benjolan atau rasa nyeri saat ditekan.

  1. Screening

Metode ini dilakukan setiap dua tahun sekali pada wanita berusia 50-74 tahun, sedangkan wanita yang memiliki risiko penyakit kanker payudara bisa melakukan metode ini sejak berusia 40 tahun sesuai dengan kondisi dan anjuran dokter.

  1. Mammogram

Metode ini melakukan pemeriksaan payudara dengan foto Rontgen. Namun, hasil dengan menggunakan metode ini tidak terlalu jelas dikarenakan struktur payudara yang jaringannya masih padat.

  1. USG Payudara

Berbeda dengan mammogram, melakukan pemeriksaan USG tidak akan berdampak radiasi dan rasa nyeri dalam proses pemeriksaan. Namun, metode ini hampir sama hasilnya dengan mammogram. Akan tetapi, pemeriksaan ini bisa dilakukan sebagai pelengkap metode mammogram.

Nah, itulah cara untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini. Yuk, cegah kanker payudara dari sekarang!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>